BAHAN - BAHAN ROTI DAN FUNGSINYA

BAHAN - BAHAN ROTI DAN FUNGSINYA

Haiii guys,,,kali ini aku mau berbagi pengetahuan tetang bahan- bahan roti dan beberapa fungsiya, aku yakin kalian bakalan ga merasa asing dengan beberapa bahan yang bakalan aku ulas beseta fungsinya ini. Kegagalan demi kegagalan memang  pernah aku alami setelah beberapa kali eksperimen membuat roti dan pastinya guys apapun itu makanan atau roti yang kalian buat bakalan lebih sempurna dan enak kalo kalian ga putus asa dan terus latihan, jangan salah guys itu aja ternyata ga cukup, kalian harus banyak baca dari berbagai sumber biar kalian ga sampe salah dalam proses pembuatan dan sampe bikin eksperimen kalian gagal total.
Aku tuh sebenernya paling suka jalan jalan dan mampir di toko buku buat sekedar baca- baca doang...hehehe,, emang dasarnya pengen ngehemat sekaligus dapet sedikit2 ilmu colongan,,hahaha. Alih – alih baca buku psikologi, novel atau bahkan ekonomi, aku lebih suka ngintip dan baca- baca buku resep, hasilnya aku dapet beberapa ilmu yang bisa aku bagiin ke kalian semua yang suka baking,,  :)
Selamat membaca dan semoga berguna ya guys,,,, :)

Berikut bahan dasar untuk membuat roti dan fungsinya :
1.       Tepung terigu protein tinggi dan protein sedang
tepung protein tinggi tentunya bahan utama dalaam pembuatan roti guys, fungsinya sebagai kerangka. Dalam membuat roti kalian bisa menggunakan tepung berprotein sedang , tapi tepung yang berprotein tinggi mengandung gluten yang banyak yang bakalan bikin roti yang kalian buat lebih elasti. Menurut buku yang pernah aku baca nih guys protein yang ada dalam tepung bertugas mengikat air sehingga roti menjadi mengembang dan elastis.nahhh,,klo kalian pengen roti kalian bertekstur lembut kalian bisa pake tepung berprotein sedang.
(contoh: terigu cakra berprotein tinggi, terigu segitiga berprotein sedang)
2.       Ragi
Bahan satu ini penting banget guys kalo kalian mau bikin roti, biasanya ragi instan lebih banyak digunakan karena mudah kalian beli di toko supermarket atau pasar- pasar guys. Ragi adalah mikcroorganisma atau mahkluk hidup sederhana berbentuk butiran butiran kering, selama ragi yang kalian beli masih berbentuk kaya gitu tandanya raginya masih hidup tapi belum aktif berkembang biak. Tepung, gula dan dan cairan jika di campur dengan ragi pada saat tertentu bisa berkembang biak dengan cepat. Tapi nihh guys ternayta si ragi ini pada saat pencampuran adonan kalian ga bisa mencampur ragi bersamaan dengan garam, karena garam dapat “membunuh” raginya dan bikin roti yang kalian bikin kurang ngembang atau bahkan ga mengembang sama sekali.perhatikan suhu juga ya guys, suhu dingin memang ga akan membunuh ragi tapi pada suhu ruangan di indonesia yang cenderung hangat ragi dengan mudah melemah atau pada suhu di atas 60°C ragi akan mati.
3.       Garam
Dalam pembuatan roti garam berfungsi mengontrol fermentasi dan memperkuat jaringa gluten. Kalo kalian membuat roti tanpa garam, roti yang kalian buat bakalan mengembang dengan cepat tapi bakalan cepet juga megempis dan ga bervolume beberapa saat saat di keluarkan dari oven. Mengapa garam dapat mengontrol fermentasi???? Jawabannya karena garam dapat menghambat aktivita ragi sehinng g terjadi permentasi yang berlebihan.


4.        Gula
Gula itu guys ternyata “makanan” buat ragi yang kalian campur di adonan. Dengan adanya gula ragi dapat berkembang biak. Pada prosesnya ragi yang bercampur dan bereaksi dengan gula akan menghasilkan gas karbondioksida, nahh gas inilah yang bikin roti mengembang. Selain sebagai “makanannya” ragi, gula juga berfungsi sebagai pelembut, penambah cita rasa, memperpanjang keawetan, dan memberi warna menarik pada roti. Tapi guys janagan berlebihan memberi gula ke adonan roti kalian ya guys karena akan menghambat ragi berfermentasi, disarankan untuk menggunakan gula pasir yang berbutir halus atau gula kastor yang cepat larut dan tidak mudah menggumpal.    

5.       Telur
Telur mengandung lecithin sebagai emulsifier alami yang berguna sebagai pelembut. Pastikan kalo telur yang kalian gunakan telur yang masih segar ya guys! Biar roti yng kalian bikin mengembang sempurna dan kualitasnya terjaga. Selain itu telur juga berfungsi sebagai penambah gizi dan cita rasa.
6.        Lemak : Mentega dan margarin
Sebelumnya kalian pasti udah tau kan perbedaan mentega dan margarin. Mentega berasal dari lemak hewani atau berasal dari susu sedangkan margarin berasal dari lemak hewani atau dari kelapa sawit. Dalam pembuatan roti keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu sebgai pelembut, penambah cita rasa dan gizi. Kalo kalian mau membuat roti dengan cita rasa yang lezat dan begizi gunakan mentega, kalo kalian mau lebih ekonomis kalian bisa menggunakan margarin . catatan ya guys dalam penggunaannya takaran lemak pada adonan roti harus tepat, penggunaan lemak yang terlalu banyak bikin adonan kalian jadi berat sehingga sulit mengembang dan menghasilkan roti yang kurang mgembang dan kurang empuk. Sebaliknya kalo kekurangan lemak roti jadi kekurangan cita rasa dan bertekstur kering.
7.        Cairan
Fungsi utama cairan dalam adonan roti adalah sebagai pelarut, cairan akan melarutkan bahan bahan lainnya terutama gula sehingga mudah bereaksi dengan ragi. Selain itu cairan juga akan mengontrol suhu adonan, karena itu sebaikanya cairan yang di gunakan bersuhu dingin agar suhu adona tidak cepat panas. Adonan  yang cepat panas saat di ulenin akan menyebakan roti cepat mekar tetapi memiliki tekstur yang kasar dan cenderung kering. Cairan yang dapat digunakan diantaranya air, susu cair, atau bisa juga menggunakan susu bubuk yang dilarutkan. Kalian juga bisa menggunakan susu kental manis tapi terlebih dahulu di cairkan dan jangan lupa kurangi penggunaan gula sebanyak 25% agar roti yang kalian bukin ga terlalu berat dan terlalu manis.
8.       Bread Improver atau Pelembut Roti
Bread improver adalah bahan tambahan makanan yang berfungsi sebagai peleumbut tekstur roti, menambah volume roti, dan menjaga roti tetap empuk.


Nahhh itu dia guys ulasan aku tetang bahan-bahan pembuatan roti dan fungsinya, siapa aja bisa memasak kok, asalakan mau mencoba dan belajar....

Semangat guys,,,selamat mencoba ya ....  :)

Comments